Apa Itu Jidouhanbaiki?



Jidouhanbaiki 自動販売機  atau  販売機 - はんばいき (hanbaiki) secara bahasa artinya automatic selling machine atau mesin penjual otomatis. Karna Jidouhanbaiki adalah kata yang panjang dan sulit jadi lebih sering di singkat Jihanki. Kalau yang biasanya kita temui di Indonesia mesin penjual otomatis yang isinya menjual minuman ringan, di Jepang kita bisa menemukan gak cuma minuman ringan aja melainkan hal lain seperti mie cup, rokok, makan siang (bento), hotdog, bahkan buah pisang.  Benda ini sudah menjadi seperti ciri khasnya jepang, karena kalau kalian kesana kalian bakal ngeliat mesin ini di setiap sudut. Di Jepang pemakaian Jihanki ini termasuk yang paling banyak dari semua negara. Bahkan sampai ada rumor beredar kalau Jihanki ini juga tersedia di puncak Gunung Fuji. Waduh..
Jihanki yang tidak seperti mesin penjual otomatis umumnya karena untuk minuman akan tersedia hot dan cold. Ada tanda warnanya, yang merah buat yang panas あたたかい (atatakai) dan yang biru buat yang dingin つめたい(tsumetai) atau 寒い(さむい- samui). Di Jihanki ini biasa menjual minuman seperti kopi, teh, air mineral, soda, atau ramune.
Walau mesin penjual otomatis seperti ini ada yang menjual rokok, dan tersebar dimana-mana. Orang-orang jepang paham dan tetap mengikuti peraturan di bawah umur. Pada mesinnya terdapat system yang bernamakan ‘Taspo’ atau ‘Tabako pasupooto-Tabako pasport’. Taspo ini adalah semacam ID untuk bisa membeli barang Jihanki yang hanya diperbolehkan untuk 20 tahun keatas. System ini dibuat guna menghindari kalangan di bawah umur. Taspo ini dipasang pada mesin yang menjual rokok ataupun minuman beralkohol.
Jihanki ini sudah menjadi pemandangan yang sangat khas di Jepang sampai rasanya bakal aneh kalau kalian gak nemu satu aja Jihanki disana. Di kuil, gunung, pantai, mau di pedesaanpun tetap mesin ini seperti sebuah keharusan yang ada bagi orang Jepang.


Comments

Popular Posts